Pelatihan Calon Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas 2018

Pelatihan Calon Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas 2018

Pelatihan Calon Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas 2018

Calon mahasiswa berprestasi FBS UNJ 2018 menghadiri kegiatan Pelatihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) yang diadakan di Gedung E Ruang 214 FBS UNJ. Kegiatan ini dibagi menjadi lima tahap yang dilaksanakan pada 26 Januari, 29 Januari, 31 Januari, 2 Februari dan 8 Februari 2018. Pada pelatihan kali ini peserta yang mengikuti terdiri dari 10 orang yang mewakili Prodinya masing-masing. Adapun nama peserta yang mengikuti yaitu:

  1. Asep Ricky Subagya (Pendidikan Bahasa Indonesia)
  2. Bima Dewanto (Sastra Indonesia)
  3. Tita Desyara (Pendidikan Bahasa Inggris)
  4. Muhammad Firhat (Sastra Inggris)
  5. Bunga Chintya Prameswary (Pendidikan Bahasa Prancis)
  6. Brenda Navadila (Pendidikan Bahasa Jerman)
  7. Adinda Mia (Pendidikan Bahasa Jepang)
  8. Dewi Suharyanti (Pendidikan Bahasa Mandarin)
  9. Indri Susilowati (Pendidikan Bahasa Arab)
  10. Madeline Tioria (Pendidikan Seni Musik)

Agenda pelatihan mawapres ini adalah pembimbingan Karya Tulis Ilmiah (KTI), pembimbingan Bahasa Inggris dan Leaderless Group Discussion (LGD) yang menghadirkan pembicara-pembicara terbaik pada bidangnya.

Pembimbingan KTI disampaikan oleh Wakil Dekan I FBS, Dr. Ifan Iskandar, M.Hum dibagi menjadi dua pertemuan, yaitu pada tanggal 26 dan 31 Januari 2018. Pada pertemuan pertama, selama kurang lebih 40 menit beliau memberikan materi tentang konsep dasar seseorang harus terlebih dahulu memiliki pemikiran yang ilmiah sebelum melakukan penulisan karya tulis ilmiah. Selain itu, seorang mawapres juga harus mampu membuat Karya Tulis Ilmiah yang bermanfaat untuk Indonesia. Wakil Dekan I FBS UNJ tersebut juga menuturkan bahwa terdapat tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk mawapres, yaitu terbaharukan, kebermanfaatan, dan terdapat rujukan. Hal ini mengingat Karya Tulis Ilmiah merupakan salah satu penilaian mawapres yang memiliki poin yang tinggi, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Pada pertemuan kedua, peserta pelatihan mawapres diminta untuk mempresentasikan hasil KTI yang sudah mereka buat. Banyak masukan yang diberikan oleh Bapak Ifan berikan kepada para peserta yang bermanfaat untuk perbaikan KTI mereka.

Pembimbingan Bahasa Inggris yang disampaikan oleh Dosen Sastra Inggris FBS, Ati Sumiati, M.Hum, juga terbagi menjadi dua pertemuan yang berlangsung pada tanggal 29 Januari dan 2 Februari 2018. Pada pertemuan pertama Ibu Ati memberikan materi mengenai bagaimana cara peserta untuk berdebat secara baik dan menyampaikan argumen dengan baik menggunakan bahasa inggris. Sedangkan pada pertemuan kedua, Ibu Ati mengajak peserta untuk langsung mempraktekkan materi yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya. Para peserta diberikan satu masalah kemudia mereka harus memberikan pendapat serta solusi dari masalah tersebut.

Pada pembimbingan kepribadian yang disampaikan oleh Dosen Pendidikan Psikologi UNJ, Deasyanti, Ph.D., Psikolog, beliau mengajak berdiskusi mengenai Reklamasi Teluk di Jakarta Utara yang membuat resah bagi para nelayan di sekitar.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Fakultas akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2018. Siapapun yang nanti akan memenangkan pilmapres ini, semoga bisa membawa nama FBS ke Pilmapres tingkat Nasional. Jangan lupa datang untuk mendukung jagoanmu ya! (knp)