Sekolah Mawapres FBS UNJ 2017

Sekolah Mawapres FBS UNJ 2017

Sekolah Mawapres FBS UNJ 2017

Pada tahun 2017 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan kegiatan Sekolah Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dengan tujuan memberikan pembinaan kepada calon mahasiswa berprestasi perwakilan tiap prodi untuk mengikuti Lomba Mawapres tingkat Universitas. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap yang dilaksanakan pada 22 November, 13 Desember dan 21 Desember 2017.

Rabu, 22 November 2017 sebanyak 136 orang mahasiswa dari tiap perwakilan program studi di FBS UNJ menghadiri kegiatan Sekolah Mawapres tahap satu di Aula Lantai 1 Gedung Daksinapati. Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara yang merupakan perkwakilan mahasiswa berprestasi di FBS UNJ. Pembicara pertama adalah 5 besar Mawapres Nasional serta Wisudawan Terbaik UNJ. Dina biasa ia disapa, merupakan alumnus Prodi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNJ. Pembicara kedua bernama Riska, Ia merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Sastra Indonesia FBS UNJ 2014. Riska merupakan Duta UNJ 2015 sekaligus Abang None Jakarta 2017. Pembicara yang terakhir, adalah mahasiswa Prodi Sastra Inggris FBS UNJ 2014 yang mempunyai banyak pengalaman sebagai adjudicator di berbagai universitas yang bernama Andrian. Ia merupakan Mawapres peringkat 3 di UNJ. Pada Sekolah Mawapres Tahap 1 ini peserta diberi arahan oleh ketiga pembicara mengenai mengapa harus menjadi mawapres serta kiat-kiat yang harus dipersiapkan untuk menjadi mawapres tingkat nasional.

Pada kegiatan sekolah mawapres tahap dua dan tahap tiga mengundang dua narasumber yang sama pada tahap satu yaitu Riska Yuvista dan Andrian Santosa yang merupakan perwakilan mawapres FBS UNJ tahun 2017. Mereka menjadi tutor untuk berdiskusi bersama 22 mahasiswa. Di tahap dua ini setiap mahasiswa diberikan waktu 10 menit untuk memikirkan ide karya tulis ilmiah yang kemudian setelah itu disajikan dalam kegiatan tersebut. Selanjutnya pada sekolah mawapres tahap 3 dilakukan pengumpulan daftar prestasi mahasiswa. Selain itu, setiap mahasiswa berlatih memaparkan bab 1 karya tulis ilmiah yang telah dibuat dengan ide dan gagasan masing-masing. Setiap mahasiswa dibebaskan untuk memaparkan ide dan gagasan masing-masing yang berkaitan dengan program studi masing-masing. Pemaparan karya tulis menggunakan bahasa Inggris.