Pemilihan Dekan FBS 2017-2021

Pemilihan Dekan FBS 2017-2021

Pemilihan Dekan FBS 2017-2021

Aula S UNJ pada pukul 09.00-12.00 dipenuhi segenap sivitas akademika FBS UNJ. Termasuk di dalamnya para dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada hari itu dilaksanakan pemaparan rencana kerja calon Dekan FBS yang dilanjutkan dengan pemungutan suara untuk memilih Dekan FBS periode 2017-2021. Di antara hadirin, tampak 29 orang Senat FBS yang bersiap mendengarkan pemaparan rencana kerja calon Dekan FBS ini. Empat dari 29 orang anggota senat FBS tersebut berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yaitu Ibu Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., Ibu Dra. Sri Suhita, M.Pd. (Wadek III FBS), Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., dan Ibu N. Lia Marliana, M.Phil. (Koorprodi PBSI).

Terdapat dua calon Dekan FBS yaitu Ibu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Bapak Dr. Nuruddin, M.A. dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Ibu Liliana pernah menjabat sebagai Wakil Dekan I FBS selama dua periode dan menjadi Ketua Prodi PBSI satu periode.

Acara ini didahului oleh Wakil Dekan I FBS Bapak Dr. Ifan Iskandar, M.Hum. menyapa segenap yang hadir dan membacakan agenda acara pada hari itu. Kemudian beliau mempersilakan Dekan FBS Bapak Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. untuk memberi sambutan. Setelah sambutan Dekan FBS, dimulailah acara pemaparan rencana kerja calon Dekan FBS periode 2017-2021 yang dipandu oleh Bapak Eddy Fauzi. Beliau mempersilakan dua kandidat dekan untuk maju. Kesempatan pertama diberikan kepada Ibu Liliana untuk menyajikan visi, misi, dan rencana kerjanya di hadapan hadirin setelah moderator membacakan riwayat hidup Ibu Liliana. Ibu Liliana mempunyai motto “membangun dalam keberagaman untuk menjadi fakultas unggulan”. Selanjutnya kandidat kedua, Bapak Nuruddin memaparkan visi, misi, dan rencana kerjanya dengan motto “maju bersama mengembangkan Fakultas Bahasa dan Seni menjadi fakultas inovatif dan berkarakter dengan mengedepankan nilai-nilai akademik.”

Selesai pemaparan, sesi tanya jawab pun dibuka. Beberapa guru besar, perwakilan dosen, perwakilan karyawan, dan perwakilan mahasiswa FBS pun melengkapi daftar penanya yang ditujukan kepada kedua kandidat. Keduanya menjawab dengan sangat jelas dan meyakinkan. Sampai pukul 11.15 sesi ini pun berakhir. Selanjutnya, hanya anggota senat FBS saja yang boleh ada di dalam Aula S untuk mengikuti agenda berikutnya yakni pemungutan suara. Dari 30 anggota senat FBS, tidak hadir satu orang, yaitu Koorprodi Pendidikan Bahasa Jepang yang  sedang berada di Negeri Matahari Terbit.

Pemilihan dekan pun dilaksanakan dengan sangat serius tetapi santai. Wakil Dekan I merupakan ketua panitia pemilihan Dekan FBS. Beliau dibantu oleh Bapak Bagus, Ibu Rien Safrina, dan Ibu Azizah. Disediakan dua bilik suara tempat mencoblos gambar kedua kandidat di atas pentas Aula S. Ibu Rien sebagai pewara memanggil dua anggota senat ke depan untuk memberikan hak suaranya. Setelah itu, masing-masing satu orang saksi dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang merupakan prodi asal kedua kandidat turut menyaksikan dan mengesahkan Bapak Muchlas Suseno yang secara spontanitas menyediakan diri maju membantu membuka lipatan kertas suara. Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ibu N. Lia Marliana menjadi saksi mengesahkan pembacaan kertas suara.

Hasilnya, diperoleh 16 suara untuk Ibu Liliana Muliastuti sebagai kandidat nomor urut 1 dan 13 suara bagi kandidat nomor urut 2 yaitu Bapak Nuruddin. Pemilihan Dekan FBS pun kemudian diakhiri dengan ucapan selamat kepada dua kandidat dan sesi foto bersama. Dengan demikian, berdasarkan perolehan suara terbanyak, yang akan menjadi Dekan FBS periode 2017-2021 ialah Ibu Liliana Muliastuti. Selanjutnya tinggal menunggu masa pelantikan Dekan FBS oleh Rektor UNJ dan serah terima jabatan dari Dekan FBS periode 2013-2017 kepada Dekan FBS periode 2017-2021. Selamat dan sukses mengemban amanah sebagai Dekan FBS kepada Ibu Liliana Muliastuti. (nlm)