FBS UNJ Riset Expo 2017

FBS UNJ Riset Expo 2017

FBS UNJ Riset Expo 2017

Pada Selasa-Rabu, 23-24 Mei 2017 di lobi Aula Latif, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ, semua fakultas di UNJ menyajikan hasil riset unggulan para dosennya dalam stand-stand yang telah disediakan panitia. Tidak ketinggalan FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) menyajikan deskripsi hasil penelitian dalam bentuk leaflet dari empat prodi di FBS. Keempat prodi tersebut yaitu: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Ibu Liliana Muliastuti), Prodi Sastra Indonesia (Ibu Miftahul Khairah Anwar), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (Bapak Nuruddin), dan Prodi Pendidikan Seni Musik (Ibu Tuti Tarwiyah Adi).

Kegiatan UNJ Riset Expo 2017 ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM) UNJ dalam rangka Dies Natalis ke-53 UNJ. Kegiatan pameran UNJ Riset Expo ini telah dibuka sejak pukul 08.00. Sekaligus Rektor membuka kegiatan seminar nasional tentang penelitian dengan pembicara utama Ketua MPR RI yang berakhir pukul 10.30. Selain Ketua MPR RI, ada pula Mendikbud, Menpan,  Dirjen Inovasi Ristekdikti , Prof. HAAR. Tilaar,  Doni Kusumah, dan Zaim Uchrowi.

Selesai sesi seminar nasional, Rektor bersama Ketua MPR RI, dan lainnya
berkeliling mengunjungi stand demi stand pameran UNJ Riset Expo 2017 ini. Tampak hadir mengawal stand FBS, yaitu Wakil Dekan III FBS Ibu Sri Suhita dan Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan FBS Ibu Ridha Mukhtar, serta beberapa staf Bagian Akademik dan Kemahasiswaan FBS.

Terdapat stand FBS yang memamerkan produk unggulan para dosen dari prodi-prodi yang ada di FBS. Di antaranya produk penelitian Ibu Liliana Muliastuti berupa buku ajar dan CD bagi pelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Berbasis CEFR. Ibu Liliana mewakili para dosen peneliti dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang karyanya juga dipamerkan, untuk ditalkshowkan pada Selasa, 23 Mei 2017 pukul 11.00 di Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ.

Dua mahasiswa yang bertugas selama dua hari menjaga stand FBS ialah Novi dan Nida dari Prodi PBSI FBS UNJ. Selain menjaga produk para dosen peneliti di FBS, ada pula hasil penelitian kecil para mahasiswa dari Prodi PBSI berupa majalah-majalah hasil kegiatan Writing Supercamp dan Writing Supertrip.

Sebelum pukul 11.00 tampak Ketua MPR RI Bapak Zulkifli Hasan, Rektor UNJ Bapak Jaali, beserta tamu undangan lainnya melihat dan membaca produk penelitian Ibu Liliana Mulistuti. Selain itu, beliau-beliau pun berfoto bersama dengan para mahasiswa asing Program Darmasiswa UNJ dari Madagaskar dan India (pada jam tersebut sedang berkuliah bersama Ibu N. Lia Marliana dan diajak serta melihat Talkshow produk BIPA Ibu Liliana). (nlm)