Raker Kaprodi FBS di Amarsya Hotel, Cisarua Bogor

Raker Kaprodi FBS di Amarsya Hotel, Cisarua Bogor

Raker Kaprodi FBS di Amarsya Hotel, Cisarua Bogor

Sebanyak 32 orang dari Fakultas Bahasa dam Seni (FBS) berangkat menuju Hotel Amarsya di Puncak, Bogor, Jawa Barat dengan Bus UNJ dan beberapa kendaraan pribadi. Dari 32 orang tersebut, 9 di antaranya Dekanat dan Kabag-Kasubag; 13 Para Kaprodi di FBS, 4 Sekprodi, Ketua dan Sekretaris GPjM FBS, 1 asisten Kaprodi Pendidikan Bahasa Jerman, serta staf keuangan dan kepegawaian.

Pada 19-21 Oktober 2016 memang dipilih sebagai tanggal pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja (Raker) Penyusunan Roadmap Prodi dan Anggaran 2017. Kegiatan Raker dibuka oleh Dekan FBS pada Rabu, 19 Oktober 2016 pukul 17.00. Paparan pertama disampaikan oleh Wadek I FBS mengenai agenda Artec Fair yang akan dilaksanakan Mei 2017, Semirata pada September 2017 di Medan, Forum FBS Agustus 2017 di Bali, serta rencana Benchmark ke Jerman. Wadek I juga memberikan format proker 2017 yang harus diisi para kaprodi dan diselesaikan sampai batas esoknya sehingga dapat dipresentasikan.

Paparan selanjutnya oleh Wadek II FBS mengenai usulan dosen DPK dari tiap prodi harus memenuhi kualifikasi minimal S2, belum memiliki NIDN atau NIDK, serta memang untuk memenuhi kompetensi yang tidak ada/kurang di prodi. Selain itu dosen tugas belajar juga dijelaskan lebih lanjut oleh Wadek II FBS bahwa dosen yang sudah lewat masa studinya (lebih dari tiga tahun) berarti dosen bersangkutan dilarang menolak tugas mengajar di Prodi. Penolakan akan bertentangan dengan permenristek yang berlaku. Setiap dosen yang tugas belajar (tubel) harus mendapat SK Tubel dari Kemenristek Dikti. Demikian pula yang izin belajar (ibel). Dipaparkan juga tentang pengadaan barang pada 2017 di antaranya kursi kuliah, meja dosen dan kursinya, AC, Infocus, televisi, dan meja gambar. Pengadaan barang habis pakai untuk praktikum juga boleh diajukan. Hari pertama raker ini ditutup pada pukul 23.00.

Hari kedua raker diawali dulu dengan kegiatan senam pagi bersama, dibimbing oleh instruktur senam yang sudah disediakan pihak hotel. Para kaprodi melebur bersama dekanat dan staf FBS berolahraga pagi itu. Kemudian, pukul 8.00 kegiatan raker dimulai kembali sampai pukul 17.00.

Setelah makan malam, pada pukul 19.30, wakil dekan I menginfokan berita-berita hasil rapim UNJ, salah satunya ditiadakan kasubag kemahasiswaan di UNJ karena tidak termuat di dalam SOTK UNJ. Dengan demikian, FBS akan kehilangan Bapak Hasniel, Kasubag Kemahasiswaan FBS yang sudah 10 bulan ini melayani para kaprodi. Suasana penuh haru menyelimuti semua peserta raker tatkala Bapak Hasniel menyampaikan ucapan perpisahan dan permohonan maaf, kemudian menyalami semua yang hadir. Sampai akhirnya, Wadek I menutup kegiatan Raker pada pukul 21.30 WIB. (nlm)